This is BizOppers
Online Job for All. Work from home computer.

27 Agt 2010

Download Kumpulan Software Backup Driver Gratis

computer pc hardware device driverSetelah sekian lama digunakan, terkadang kita merasakan bahwa sistem operasi aka OS Windows menjadi kurang nyaman dan ‘bertenaga’. Hal tersebut bisa disebabkan banyak hal, seperti misalnya karena serangan virus, karena seringnya install/uninstall software yang meninggalkan bekas yang memberatkan kinerja Windows, atau karena sebab lainnya.



Bila sudah demikian, salah satu cara memperbaikinya adalah merefresh sistem operasi secara total aka instal ulang OS Windows. Tapi apabila kita lakukan instalasi ulang sistem operasi, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa software-software driver hardware (device driver) di komputer PC kita harus dipastikan tersedia. Sebab bila kita melakukan instalasi ulang sistem operasi, terutama bila kita menggunakan cara fresh install (bukan upgrade), software driver pada OS sebelumnya akan terhapus.
Ada beberapa software untuk backup driver hardware pada sistem operasi Windows dan juga bisa mengembalikannya (restore) driver tersebut pada sistem yang baru diinstal. Tapi walau begitu, ada baiknya kita memastikan dulu bahwa driver tersebut memang akan bisa digunakan pada sistem operasi yang baru, misalnya dengan melakukan cek dan mencari informasi secara online perihal kompatibilitas pada sistem operasi terbaru.

Berikut software utility untuk backup/restore device driver gratis yang bisa digunakan.

1. Double Driver

Anda tahu siapa pembuatnya? Sekedar catatan, Double Driver adalah software gratis buatan orang Indonesia yang sudah mendunia dan sudah mendapat banyak award. Tim pembuatnya: Budy Setiawan Kusumah, Derry Adrian Saleh, dan Glen Appleton.
Program ini simpel penggunaannya tapi cukup powerful untuk melakukan backup/restore driver.
01-double-driver.jpg
*

2. DriverBackup

Software gratis open source ini juga cukup mudah dan powerfull untu backup/restore driver.
02-driver-backup.jpg
*

3. DriverMax

Software ini tersedia versi free dan juga berbayar. Sebenarnya software ini lebih bertujuan untuk update driver secara online, meski bisa juga digunakan untuk backup driver yang sudah ada.
03-drivermax.jpg
*
Tambahan, bila anda mengalami kondisi di mana pada komputer anda ada driver yang tidak terdeteksi oleh OS Windows, coba lihat artikel ini untuk di download di bawah ini :

Software Pendeteksi Unknown Device di Windows

Hardware device cards
Hardware device cards
Mungkin hal yang paling menyebalkan bagi seorang pemilik sebuah komputer aka PC adalah bila ada perangkat hardware seperti sound card, kartu grafis, mouse dan lain-lain di komputernya yang tidak terdeteksi atau tidak terbaca oleh sebuah sistem operasi misalnya OS Windows.
Bagaimana tidak kesal, karena bila ada hardware yang tidak terdeteksi atau yang disebut sebagai unknown device, maka hardware tersebut hanya menjadi seperti barang rongsokan yang tidak dapat digunakan, padahal sudah terpasang dengan benar di komputer.

Ada beberapa hal yang menyebabkan sebuah perangkat hardware (device) tidak berjalan semestinya, diantaranya karena:
  • Device tersebut tidak memiliki (software) driver.
  • Driver yang tidak sesuai dengan tipe hardware.
  • Driver sudah tidak update, misalnya driver untuk Windows XP yang tidak lagi berjalan di Windows Vista atau Windows 7.
  • Device ID tidak dikenal karena tidak ada dalam database driver Windows.
  • Kesalahan hardware atau cacat dari pabrik.

Hardware yang tidak terdeteksi tersebut biasanya akan terlihat pada daftar hardware di Device Manager di Windows sebagai UNKNOWN DEVICE, yang ditandai dengan icon tanda seru berwarna kuning.

Untuk membantu mengatasinya, mungkin bisa digunakan software yang memang dikhususkan untuk mendeteksi hardware yang tidak punya driver ini, di antaranya adalah software Unknown Device Identifier (UDI) dan software Unknown Devices (UKD).

*

Unknown Device Identifier (UDI)

Software ini akan mengidentifikasi device yang tidak dikenal di Device Manager dan memberikan detail keterangan cukup rinci seperti manufacturer name, OEM name, device type, device model dan juga bisa secara tepat menginformasikan nama dari sebuah unknown device.

Dengan data tersebut, pemilik komputer bisa mencari driver yang tepat baik dengan kontak langsung vendor yang bersangkutan atau mencarinya langsung di internet dengan klik Find Driver.

Unknown Device Identifier (UDI) bisa digunakan pada Windows 95, Windows 98, Windows 98SE, Windows Me, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Server 2008, Windows Vista, and Windows 7.

Download (file: UnknownDeviceIdentifier.exe – 948 KB – installer)

*

Unknown Devices (UKD)

Fungsinya mirip dengan UDI, yaitu mendeteksi unknown device untuk selanjutnya menginformasikan secara detail hardware yang terbaca sehingga pengguna bisa mendapatkan driver yang sesuai.

Unknown Devices (UKD) terakhir kali dirislis pada tahun 2007, dan bisa berjalan di Windows 95 sampai dengan Windows Vista. Kemungkinan di Windows 7 juga bisa digunakan. Software ini berupa portable application, jadi tidak perlu diinstal bisa langsung dijalankan.

Download (file: UKD_14-20_Beta.zip – 721 KB – portable application)

*

Mudah-mudahan dengan menggunakan software untuk mengidentifikasi unknown device ini, jadinya kita tidak perlu membongkar casing CPU hanya untuk melihat jenis hardware di komputer yang terdeteksi.


Artikel Terkait :
Komentar Terbaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar