This is BizOppers
Online Job for All. Work from home computer.

21 Agt 2010

Window Vista dan Window 7 (Seven) mana yang lebih bagus?

Persaingan antar sistem operasi komputer terus bergulir. Microsoft sebagai raksasa aplikasi komputer sangat dikenal dengan programnya Windows, mereka terus memperbaharui aplikasinya untuk menyelaraskan kebutuhan komputer yang kian hari terus berkembang. Berikut ini akan kita lihat dua produk mereka, yaitu Windows 7 dengan Windows Vista dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Dari sekian banyak aplikasi sistem komputer, Windows merupakan operating system yang paling banyak digunakan. Sistem bikinan Microsoft ini sangat dominan dan menguasai hajat hidup banyak orang, bila dibandingkan dengan sitem bikinan Apple ataupun Linux. Dari sekian banyak versi Windows yang telah dirilis, ada 2 versi yang kini sangat populer dan banyak digunakan pada komputer. Yaitu Windows Vista dan yang mutakhir adalah Windows 7.
Apa sebenarnya kelebihan dan kekurangan dari kedua versi tersebut ? Mari kita telusuri berbagai fitur di kedua operating system tersebut.
Windows Vista
Windows Vista adalah nama dari versi terbaru Microsoft Windows, sistem operasi berbasis grafis dari Microsoft yang digunakan pada komputer pribadi (PC), baik untuk pengguna rumahan maupun bisnis, pada komputer laptop, maupun media center. Untuk segmen non korporat atau konsumen, Microsoft mengatakan Windows Vista akan lebih cepat, lebih mudah dan lebih menyenangkan untuk melakukan hal-hal seperti mencari foto keluarga dan menonton film. Singkat kata, Vista akan menjadi kesenangan baru bagi para pengguna komputer.
Microsoft meluncurkan enam versi Windows Vista diantaranya Vista Ultimate, Vista Enterprise, Vista Business, Vista Home Premium, Vista Home Basic, Vista Starter, dan Vista N. Dari keenam versi Windows Vista, tiga di antaranya ditujukan untuk konsumen pribadi, dua untuk kalangan bisnis, dan edisi bongkar pasang untuk pasar yang terus berkembang. Versi yang diharapkan dapat menjadi populer di kalangan pengguna pribadi adalah Windows Vista Home Premium. Dengan sistem operasi tersebut, pengguna komputer dapat merekam dan melihat televisi berkualitas tinggi atau menulis dalam format DVD dan berbagai fungsi multimedia lainnya.
Kelebihan :
  • Tentu saja pengalaman baru menjelalah PC dengan rasa tridi ( 3D ) yang canggih berkat AERO.
  • Kualitas tampilan yang prima
  • Perbaikan dan penambahan fitur yang lebih canggih seperti Clear, Confident and Connected
  • Lebih sedikit system – crash dibanding pada windows xp
  • Built – in Support Option yang memberikan keleluasaaan lebih kepada pengguna
  • Mode pencarian file yang lebih mudah/live search
  • Security lebih baik
Kekurangan :
  • Kinerja Lambat. Hal ini dikarenakan terlalu besarnya ukuran Source Code
  • Pemborosan baterai laptop.
  • Driver yang minim. Hamir semua driver Windows yang ada di XP tidak kompatibel dengan Vista.
  • Semua orang cinta XP, dan ingin mempertahankan OS ini. Hal ini membuat Vista tampak lebih buruk lagi. Terlebih lagi, banyak sekali laporan yang mengatakan bahwa pemakai kembali menggunakan XP setelah mencoba Vista.
  • Kinerja secara secara keseluruhan mengecewakan.
windows-7 
Windows 7

Tidak disangka, Windows Vista yang digadang-gadang bakal menggantikan posisi Windows XP rupanya tidak juah lebih baik dari pendahulunya. Menyadari respon negatif dari publik atas Windows Vista, korporasi yang didirikan oleh Bill Gates ini lantas merilis Windows 7 yang diklaim lebih mumpuni dari versi sebelumnya.
Sistem operasi terbaru ini diciptakan untuk menjawab berbagai persoalan yang muncul pada Windows Vista. Ia didesain dengan kinerja yang lebih cepat dan tampilan yang diperbarui, meski bila diperhatikan sepintas lalu takkan terlihat jelas perbedaannya.
Salah satu keunggulan sistem operasi ini adalah kemampuannya ditanamkan di komputer berspesifikasi rendah seperti netbook. Proses booting dan shut-down didesain lebih cepat. Selain itu, ia mampu mengelola penggunaan tenaga baterai supaya bertahan lebih lama. Untuk versi beta, masih terdapat beberapa aplikasi belum bisa beroperasi di Windows 7, lalu ada bug pada Windows Player 12, serta sulit memaksa software yang sebelumnya bisa dipaksakan diinstall di Vista.
Kelebihan :
  • Durasi waktu booting ( booting delay time ) lebih cepat
  • Konsumsi daya lebih irit, sehingga lebih stabil dari pada windows Vista karena konsumsi daya yang lebih sedikit
  • Dapat memilih Jaringan Wireless Hanya dengan 1 klik dari system tray
  • Mendukung Teknologi multi touch ( layar sentuh )
  • Optimasi pada proses load data untuk HD maupun SSD
  • System pencarian data yang lebih cepat
  • Tampilan dan aplikasi Lebih Menarik
Kekurangan :
  • Ada hardware yang bisa langsung dikenali di Vista, tapi tidak di WIndows 7
  • Bug pada Windows Player 12
  • Tidak adanya icon LAN yang berkedip di taskbar Tray! seperti Vista maupun XP
  • Susah memaksa software yang sebelumnya bisa dipaksakan diinstall di VIsta, juga dipasang di Windows 7
  • Modem Sierra AirCard 875U tidak dapat digunakan.
  • Ada hardware yang bisa langsung dikenali di Vista, tapi tidak di Windows 7
Berikut ini adalah perbedaan mendasar WINDOWS 7 dengan versi-versi sebelumnya :
1. GADGET
Di WINDOWS 7, hampir mirip seperti VISTA, untuk memunculkan gadget harus melakukannya secara manual. Yaitu dengan klik kanan desktop dan pilih Gadgets. pilih gadget yang diinginkan, dan gadget akan muncul di sebelah kanan desktop. Misalnya saja jam, kalender, slide show foto, dan lain sebagainya.
2. Display Settings
Di WINDOWS 7 ada fitur ORIENTATION yang bisa memutar-mutar layar menjadi portrait atau landscape. Bahkan jika kompi anda mendukung, akan muncul opsi koneksi ke proyektor. Seperti computer yang display VGA ne memakai intel. Jadi layar atau tampilan bisa di putar – putar
3. Windows Experience Index ( WEI )
WEI memang terus meningkat sesuai dengan perkembangan hardware ke depan.Di WINDOWS 7 saja,range nilai WEI ditingkatkan menjadi 1.0-7.9. Bukan tidak mungkin jika di versi berikutnya, range nilai WEI menjadi lebih besar.
4. Calculator
Jika di Windows sebelumnya calculator hanya ada 2 mode yaitu biasa atau scientific, tetapi di WINDOWS 7, ada dua tambahan mode lagi, yaitu programmer dan statistic. Bahkan disediakan template untuk perhitungan konsumsi bahan bakar, dan pinjaman.
5. Interface Ribbon
Kalo sudah make OFFICE 2007 pasti sudah ga asing lagy dengan fasilitas ribbon. Di WINDOWS 7, ribbon juga dihadirkan pada kedua aplikasi standar, Paint dan Wordpad. Khusus untuk Wordpad, sekilas tampilannya mirip dengan Word 2007. Sangat berbeda sekali dari Wordpad versi-versi sebelumnya.
6. PowerShell
PowerShell adalah Command Prompt yang bener dirombak abis, jadi kita terbebas dari batch script yang dimiliki DOS. PowerShell di WINDOWS 7 sudah terintegrasi langsung, jadi kita tidak harus mendownloadnya terlebih dahulu seperti pada versi-versi windows sebelumnya.PowerShell tersedia dalam dua jenis, yaitu Windows PowerShell V2 ISE ( Integrated Scripting Environment ) dan Windows PowerShell V2. Bedanya, pada PowerShell V2 ISE disertakan GUI dan menyediakan debugger, syntax highlight , dan fiutr tab
7. Koneksi Wireless yang Lebih Mudah
Koneksi wireless di Windows 7 cukup dilkakukan dengan satu kali klik saja, karena sudah tersedia ikon koneksi yang simpel dan efektif.
8. HomeGroup
HomeGroup adalah teknologi untuk sharing di jaringan, dan menyediakan tiga fungsi dasar. pertama, HomeGroup akan mengidentifikasi dan menghubungkan diri dengan lainnya pada home network. kedua, HomeGroup mengizinkan kita untuk memutuskan apa yang akan disharing dengan user lain. ketiga, HomeGroup mengizinkan kita untuk melihat dan mengakses resource yang disharing oleh PC lain di dalam HomeGroup. HomeGroup juga menyediakan password bagi PC lain yang akan bergabung di dalamnya. Password tersebut dihasilkan secara otomatis oleh Windows.
Selanjutnya adalah cara mengkoneksikan 2 komputer ( peer 2 Peer )
Jenis koneksi komputer yang secara umum di dukung oleh System-system Operasi versi terakhir saat ini ada 3 jenis yaitu:
- Infrared Connection – yaitu komputer-komputer yg akan di koneksikan harus mempunyai port infrared (IR), koneksi jenis ini banyak di manfaatkan oleh para pengguna komputer Laptop di mana umumnya laptop di dalamnya sudah terpasang port(IR).
- Direct Cable Connection – yaitu memanfaatkan port serial atau paralel yang ada di hampir semua komputer memakai kabel paralel atau serial. koneksi jenis ini jaman sekarang sudah jarang sekali di pakai.
- Ethernet – yaitu menggunakan Ethernet Card yang di pasang dan di install di PC serta kabel UTP sebagai perantara nya, Jenis koneksi yang inilah yang paling populer dan paling banyak di gunakan di mana-mana dari tingkat jaringan kecil sampai jaringan besar. ini yang akan saya bahas di sini.
Secara singkat dan simple-nya untuk menghubungkan 2 komputer atau membuat suatu jaringan komputer kecil atau besar ada 2 hal pokok yang perlu di lakukan:
- Pertama menyiapkan perangkat penghubung koneksi seperti : kabel UTP, Hub atau switch, Router (bila di perlukan),…
- Kedua memberikan alamat TCP/IP di setiap Ethernet Card PC yang akan di hubungkan,
MENYIAPKAN PERANGKAT PENGHUBUNG
Menghubungkan 2 komputer langsung tanpa menggunakan hub atau switch dapat dengan mudah dilakukan dengan menyiapkan kabel UTP yang di pasang Connector RJ45 dengan susunan kabel cross, yang merupakan lawan dari kabel straight-through deng urutan sebagai berikut:
STRAIGHT
—————————
Kabel 1 Oranye – garis putih
Kabel 2 Oranye
Kabel 3 Hijau – garis putih
Kabel 4 Biru
Kabel 5 Biru – garis putih
Kabel 6 Hijau
Kabel 7 Coklat – garis putih
Kabel 8 Coklat
—————————
CROSS
—————————
Kabel1 Hijau – garis putih
Kabel 2 Hijau
Kabel 3 Oranye – garis putih
Kabel 4 Biru
Kabel 5 Biru – garis putih
Kabel 6 Oranye
Kabel 7 Coklat – garis putih
Kabel 8 Coklat
—————————
Kabel cross berbeda dengan kabel straight-through karena salah satu ujung yang memancarkandan menerima ditukar. Komputer yang terhubung ke hub biasanya menggunakan kabelstraight-through,
Jadi ujung pertama urutan standart (straight) dan pada ujung lainnya kabel pada urutan 1 ditukar 3, dan pada urutan 2 di tukar 6
Kabel 1 Menjadi 3
Kabel 2 Menjadi 6
Kabel 3 Menjadi 1
Kabel 4 Biru
Kabel 5 Biru – garis putih
Kabel 6 Menjadi 3
Kabel 7 Coklat – garis putih
Kabel 8 Coklat
Bila susunan kabel yang di perlukan sudah siap maka tinggal memasukan ke connector RJ45lalu di tekan dengan Crimp Tool…
MEMBERIKAN ALAMAT TCP/IP
Sebelum memberikan alamat TCP/IP tentu terlebih dahulu harus di pastikan Ethernet Card atau banyak juga menyebut LAN Card harus sudah terpasang dan ter-install Driver-nya di tiap PC yang akan di hubungkan. Mainboard generasi sekarang kebanyakan sudah ada Onboard Ethernet Card nya, bila belum ada bisa di beli dan di pasang serta di install Driver-nya.
Untuk memberi TCP/IP sekarang kita ambil contoh pada konfigurasi menggunakan Win xp,untuk OS lain nya kurang lebih juga sama, yang penting kan logika-nya…!Klik -> start –> Setting –> Network Connections –> klik-kanan Local are Connections–>Properties –> pada jendela Local are Connections Properties : pilih –> Internet Protocol(TCP/IP) –>klik Tab Properties –> lalu pilih : Use the following IP address –>lalu isikan IP address kelas C,
Seperti gambar di atas IP address PC utama/Server adalah:
IP address:
192.168.0.1 (IP default dari OS Windows)
Subnet mask
255.255.255.0
default gateway:–di kosongkan aja untuk tahap ini–
IP address PC lain/client nya adalah:
IP address:
192.168.0.1 (IP default dari OS Windows)
Subnet mask
255.255.255.0
default gateway
192.168.0.1 ( Boleh juga di tidak di isi ,IP dari PC utama yang nantinya berguna untuk sharing internet)
Ok..sampai tahap ini bila kabel UTP dengan susunan Cross tadi sudah terpasang RJ45 sekarang tinggal mengetes koneksi, yaitu memasukan ujung-ujung Connector RJ45 ke masing-masing Ethernet Card di PC, lalu bisa di tes dengan cara menge-Ping nya dari menu Run–>klik–>Start–> Run–> ketik –>ping 192.168.0.1 (IP PC utama, yang di ping dari PC lainnya, atau kebalikannya), bila “Reply” maka koneksi “Sukses”…..atau bisa juga di tes langsung melalui Sharing Files, Drive atau Folder…cara untuk sharing ini tentu mudah tinggal –>klik-kanan pada Drive atau folder yang akan di sharing–>Sharing and Security–>lalu pilih Options Sharing.
Selamat Berinternet Ria dengan Window 7 .......bye....bye...


Artikel Terkait :
Komentar Terbaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar