This is BizOppers
Online Job for All. Work from home computer.

29 Sep 2010

Tahapan cara mendaftar di Registrasi di "ALERTPAY"

ALERTPAY
Alertpay adalah salah satu dari sekian banyak alat pembayaran online / payment processor / e-currency online payment. Semakin menjamurnya situs GPT (Get Paid To) di Internet yang menawarkan pembayaran melalui Alertpay, mendorong kita untuk memahami dan bergabung menjadi membernya. Tidak serumit payment processor yang lain yang memaksa user untuk memiliki kartu kredit untuk dapat diverifikasi, Alertpay memberi kemudahan dalam aktivasi atau verifikasi keanggotaan kita.



Apa keuntungan kita menjadi anggota Alertpay :
- Kita melakukan penambahan deposito (add funding),
- Menerima dan mengirim uang (send/receive), serta
- melakukan penarikan uang (withdrawing)

Syarat - Syarat Umum untuk membuat account Alertpay :
1. Berumur lebih dari 18 tahun
2. Memiliki e-mail (jangan mudah hilang, jangan mudah di delete, karena adanya batasan waktu jika tidak ada pakai)
3. Memiliki Identitas diri, bisa dengan KTP, SIM, KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)
4. Memiliki rekening atas nama sendiri, misal Rekening Listrik, Rekening Telepon, Tagihan kartu kredit, Tagihan Pajak, yang nantinya untuk verifikasi nama dan alamat.

Untuk syarat no. 3 dan no. 4 dapat dilakukan setelah anda mendaftar, dan tidak ada tenggat waktu yang ditentukan oleh Alertpay untuk anda untuk mengirimkan data-data tersebut. Untuk lebih jelasnya akan dibahas di bawah nanti pada bagian Verifikasi akun Alertpay.

Lalu bagaimana kita dapat menjadi anggota dari Alertpay, berikut bagaimana langkah - langkah registrasi/pendaftaran menjadi anggota Alertpay :

Langkah 1 : Masuk Ke Situs ALERTPAY << KlikAnda akan mendapatkan tampilan halaman depan situs Alertpay seperti pada gambar di bawah ini :





Langkah 2 : Klik Sign Up
Klik Sign Up Seperti Pada Panduan yang diberi tanda lingkar merah. Lalu Anda Akan melihat tampilan halaman selanjutnya seperti gambar di bawah ini :



Langkah 3 : Pilih Tipe Account Anda
Langkah Pertama Pilih Negara anda saat ini tinggal, kalo tinggal di Indonesia silahkan klik Drop Down menu (tarik ke bawah) segitiga di kolom "Choose your Country"



Ada 3 Pilihan Account yaitu :
- Personal Starter
- Personal Pro
- Business
Perbedaan di antara ketiga pilihan account tersebut adalah pada perbedaan kelonggaran aktifitas yang diberikan serta jumlah uang digital yang dapat ditransaksikan oleh user dan tentunya fee yang akan dibebankan kepada anda

Bagi anda yang pemula disarankan untuk memilih Personal Starter saja, lebih longgar dan sambil mempelajari ke depan untuk meningkatkan pilihan account lebih lanjut

Langkah 4 : Pengisian Data Pribadi



Keterangan form :

- First Name : isi dengan nama depan anda, contoh jika nama lengkap anda Paijo Tukijo Suparno, maka form first name ini anda isi dengan Paijo

- Last Name : isi dengan nama anda tanpa nama depan anda, isi lanjutan nama nada tadi dengan Tukijo Suparno saja.

- Phone : isi dengan nomor telepon atau nomor HP anda.

- Address 1 : isi dengan alamat anda yang sesuai dengan ID (KTP/SIM/KTM), contoh Jl. Jawa, Gg. Endok no. 7

- Address 2 : optional, bisa di isi atau di kosongkan, di isi bila anda mempunyai alamat lain.

- City/Town : isi nama kota/kabupaten anda sesuai dengan ID anda

- Region : isi provinsi dimana anda tinggal sesuai dengan ID, contoh JAWA TENGAH

- Postal Code : isi dengan kode pos daerah anda, contoh 57552

Cek kembali isian data-data dalam form tersebut, karena data-data tersebut sangat penting untuk anda di kemudian hari, karena sampai tulisan ini dibuat anggota Alertpay dari Indonesia, penarikannya hanya dapat dilakukan melalui cek yang nantinya dikirimkan ke alamat anda.

Jika data-data tersebut telah benar, tekanlah tombol NEXT untuk melangkah ke tahap selanjutnya

Langkah 5 : Email dan Kode Pengaman



Terlihat pada gambar di atas, halaman ini memberikan 8 form yang harus anda isi yang dibagi menjadi 3 kategori yaitu :

1. Login

Data-data ini diisi untuk keperluan login anda ke dalam situs Alertpay untuk manajemen saldo anda.

* Email Address :
Isi dengan alamat email anda, contoh xxx@gmail.com . Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya, karena Alertpay tidak memiliki nomor Rekening untuk para nasabahnya, maka alamat email anda-lah yang menjadi pengganti identitas no rekening anda di Alertpay. Isi alamat email anda dengan benar, karena email anda diperlukan oleh Alertpay untuk verifikasi pendaftaran.

* Password :
Isi kata sandi untuk akun anda, perhatian !!! jangan pernah mengisi isi kata sandi yang sama dengan kata sandi untuk email anda, jangan mengisi kata sandi sama dengan kata sandi pada akun mata uang / payment processor lainnya. Jangan isi dengan sesuatu yang mudah ditebak oleh orang lain, seperti no rumah, tanggal lahir, nama anak, angka kembar, angka berurut dan lain-lain. Isilah kata sandi yang susah ditebak orang lain dengan minimal 8 karakter yang merupakan kombinasi angka dan huruf. Contoh sarah847.

* Re-enter Password :
Isi sama dengan di atas Password, contoh pada form Password anda mengisi sarah847, maka pada form ini anda isi pula sarah847.

!!! Catat dan simpan data login ini ditempat aman !!!

2. Security Questions

Ini berfungsi sebagai pe-reset password, jika dikemudian anda lupa password untuk akun anda.

* Question 1 : ada 4 pilihan, yaitu :
1. Street name where you grew up? --> Daerah dimana anda di besarkan
2. Mother’s maiden name? --> Nama Ibu kandung
3. Name of first car you owned? --> Nama mobil pertama anda
4. City of birth? --> Kota kelahiran anda

Pilih salah satu pertanyaan di atas, yang nantinya anda isikan jawabannya pada form Answer 1.

* Answer 1 : isi sesuai dengan pertanyaan yang anda tentukan pada Question 1, contoh pada form Question 1 anda pilih Name of first car you owned? Maka isi jawaban anda misalnya Ferarri

* Question 2 :
ada 4 pilihan, yaitu :
1. What is your favorite city? --> Apa nama kota favorit anda
2. What is your favorite animal? --> Apa hewan favorit anda
3. What is your favorite song? --> Apa lagu favorit anda
4. What is favorite book? --> Apa buku favorit anda

Pilih salah satu pertanyaan di atas, yang nanti anda isikan jawabannya pada form Answer 2.

Answer 2 : isi dengan jawaban pada pertanyaan Question 2

3. Verification & User Agreement

Isi sesuai dengan gambar yang tersedia, jangan lupa beri centang pada baris terakhir, yang menyatakan anda telah setuju atas peraturan yang ditetapkan oleh Alertpay.

Periksa data-data tersebut dengan teliti, kalau perlu anda catat dan disimpan. Setelah anda periksa klik tombol Register untuk melanjutkan langkah selajutnya, atau Previous untuk mengedit data sebelumnya.



Buka email anda, kemudian buka surat yang dikirimkan oleh Alertpay. Klik link yang terdapat di dalam isi email anda, yang kemudian mengarahkan anda ke halaman pendaftaran Alertpay selanjutnya.

Login akun Alertpay

Sekarang coba anda cek akun anda dengan login di Alertpay, masuk ke halaman utama Alertpay, dan klik Login yang terdapat di atas kanan halaman utama Alertpay, maka akan muncul form seperti gambar di bawah ini :



Isi Email sesuai dengan alamat email yang anda gunakan untuk mendaftar sebelumnya. Lalu isikan pula password-nya dan klik Login

Maka halaman akan menampilkan detail tentang status, saldo dan keterangan finansial akun Alertpay anda, seperti gambar di bawah ini.



Verifikasi akun Alertpay

Perhatikan gambar di atas, kemungkinan jika anda baru mendaftar di Alertpay maka halaman yang akan tampil akan seperti gambar di atas. Perhatikan tulisan-tulisan yang di lingkari. Pending Account Verification, ini maksudnya akun anda sementara masih dalam pemeriksaan dikarenakan anda belum melengkapi data-data yang dibutuhkan. Tetapi jangan khawatir langkah ini tidak harus anda lakukan hari itu juga. Anda dapat mengirimkan data-data tersebut dikemudian hari jika anda telah mempersiapkannya.

Dengan akun Unverified, sebenarnya anda telah dapat melakukan kegiatan mendaftar di program-program PTC atau sejenisnya. Tetapi saran kami segeralah anda mengirimkan data-data tersebut jika anda ingin mencairkan/mentransfer uang ke rekening Alertpay anda.

Untuk syarat no. 3 dan no. 4 seperti yang telah disebutkan di awal tulisan ini, silahkan scanner ID & rekening tersebut dan kirimkan ke Alertpay dengan cara upload. Ini dimaksudkan oleh Alertpay untuk mencegah kegiatan Money Loundry, dan nantinya jika anda melakukan penarikan uang dari Alertpay maka AlertPay akan mengirimkan Cek ke alamat rumah anda.

Data-data yang dibutuhkan :

1. ID berupa (KTP/SIM/KTM) cukup pilih salah satu ID yang anda punya.
2. No. Rekening/Tagihan, dapat dipakai rekening listrik, rekening telepon, tagihan kartu kredit, cukup pilih salah satu.

Untuk anda yang memiliki rekening tetapi bukan atas nama anda sendiri, anda dapat dengan mudah balik nama rekening atas nama anda, caranya bawa orang yang tertera dalam rekening ke kantor dan mintalah untuk dibalik namakan. Cukup satu (1) rekening saja yang dibutuhkan, misalnya anda ingin memakai rekening listrik atas nama orang orang tua anda sebagai verifikasi, maka bawa orang tua anda ke kantor PLN untuk balik nama rekening listrik ke nama anda. Atau pakai surat kuasa jika orang tua anda tidak sempat.

Bisa juga dengan tagihan telepon kartu HALO atau sejenisnya. Intinya Nama dan alamat anda pada no rekening harus sama dengan ID anda.

Setelah data-data tersebut komplit, scanner-lah data-data dengan format berwarna jangan hitam/putih. Jika anda belum mempunyai scanner, anda dapat meminta jasa rental yang ada scannernya, simpan file hasil scannernya dalam format JPG dan usahakan besar file tidak lebih besar dari 5 MB, intinya hasil scannernya dapat dengan mudah di baca oleh pihak Alertpay. Saran saya file data jangan lebih besar dari 1 MB, tetapi jangan pula sampai tidak bisa di baca. Jika belum paham dalam pengolahan gambar, anda dapat meminta jasa teman atau rental untuk mengolah file hasil scanner data-data tersebut. Buat ukuran filenya sekecil mungkin dan gambarnya sejelas mungkin.

Mengirimkan data-data ke Alertpay

Klik link Verified atau Check your verification status dan anda akan di arahkan kehalaman upload data.

Ada 2 langkah pengiriman ID, yaitu :

1. Pengiriman pertama adalah pengiriman ID anda. Pilih salah satu ID yang sesuai dengan dokumen yang telah anda siapkan, contoh pilih ID Country untuk mengirimkan data KTP, atau Drive’s Licence untuk SIM anda. Lalu pada bagian paling bawah halaman tekan tombol Browse dan pilih file yang berisi data KTP/SIM anda dan klik Upload, untuk mulai mengirim file. Tunggu sejenak sampai proses Upload selesai. Semakin besar file semakin lama proses Upload. Jangan memutuskan koneksi internet selagi proses Upload sedang berlangsung, jika proses Upload terputus, maka dapat dipastikan pengiriman gagal, dan anda harus mengulang pengiriman file tersebut.

2. Pengiriman kedua sama dengan langkah pengiriman pertama, pilih jenis rekening yang telah anda siapkan lalu kirim file tersebut.

Jika pengiriman file telah selesai, maka anda harus menunggu 10 hari masa kerja untuk diperiksa oleh Alertpay. Tetapi di tahap ini anda telah bisa memakai akun Alertpay untuk bertransaksi online. Tetapi jika di kemudian hari data-data anda di tolak oleh Alertpay maka anda harus mengulang mengirim data ke Alertpay lagi, lihat masalah apa yang menjadi data anda di tolak dari Alertpay !!! Biasanya file data hasil scannernya buram atau susah dibaca atau ID dan no. Rekening/Tagihan anda tidak cocok (beda nama/alamat).

Selesai Sampai Sejauh Ini Standard Registrasi Alertpay adalah seperti yang telah dipaparkan, jika dikemudian hari ada perubahan maka artikel ini juga akan diperbaiki.
referensi



Artikel Terkait :
Komentar Terbaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar