This is BizOppers
Online Job for All. Work from home computer.

18 Feb 2012

Download RockMelt Browser Baru

Download RockMelt Browser Baru ~ Telah hadir peramban terbaru yang memberikan fokus layanan pada pertemanan, proses share konten serta tetap update berbagai berita serta informasi, peramban tersebut bernama RockMelt.

RockMelt dikembangkan berdasarkan teknologi Chromium yang merupakan proyek open source yang juga digunakan peramban Google Chrome. Untuk menjelaskan secara singkat apa itu RockMelt, seperti yang dituliskan pada blog resmi mereka, RockMelt merupakan peramban yang memberikan layanan utama untuk "share and keep up with your friends, stay up-to-date on news and information, and search". RockMelt tersedia untuk para pengguna Windows dan Mac.


Seperti yang dituliskan pada Blog Resmi RockMelt, beberapa keuntungan yang diberikan oleh peramban baru ini adalah fasilitas yang memudahkan untuk melakukan proses sharing konten, serta mendapatkan update informasi, baik dari teman maupun dari situs tertentu. Selain itu RockMelt juga menyediakan fasilitas personalisasi, karena RockMelt membutuhkan proses login sebelum menggunakan, maka personalisasi data dari akun tersebut akan tersimpan, RockMelt juga akan memungkinkan untuk menyimpan data layanan favorit, bookmarks serta preferensi dari masing-masing pengguna. RockMelt juga menggunakan fasilitas cloud, sehingga pengguna bisa menikmati pengalaman personal dalam menjelah web dari manapun, dan mendapatkan update dari relasi serta situs yang penting bagi Anda.

Pertama-tama yang harus Anda lakukan untuk menggunakan RockMelt adalah sign in dengan akun Facebook Anda, tampilan kotak sign in ini akan muncul pertama kali ketika Anda membuka RockMelt. Data yang ada pada akun Facebook akan digunakan sebagai data relasi yang bisa memudahkan pengguna untuk terkoneksi dan mendapatkan update dari relasi pertemanan mereka di Facebook. Tampilan RockMelt terdiri dari beberapa bagian, antara lain di bagian kiri terdapat daftar relasi teman di Facebook, sedangkan di bagian kanan merupakan bagian yang berguna untuk melihat feeds, secara default akan terdapat feeds dari Facebook dan Twitter, namun Anda juga bisa menambahkan berbagai feeds secara manual, dan di bagian tengah adalah bagian yang berguna untuk melihat tampilan situs yang ingin Anda kunjungi.

Karena RockMelt memang berfokus pada pertemanan, update feeds serta proses sharing, maka pada tampilan atas peramban ini, di sebelah address bar, terdapat tombol ‘share’ yang memudahkan proses untuk membagikan konten ke pengguna lain dengan menggunakan layanan Facebook (akan mem-posting ke wall) serta Twitter, lengkap dengan fasilitas untuk mengubah Tweet, serta pilihan untuk mengirimkan informasi situs tertentu sebagai pesan pribadi.

Pengguna bisa melihat status terakhir dari relasi Facebook yang tampil pada bagian kiri RockMelt, ada dua pengaturan tampilan pertemanan yang bisa diilih, teman favorit serta teman yang sedang online, jika teman favorit Anda tidak terdapat pada tampilan awal, maka Anda juga bisa menambahkan teman favorit Anda secara manual untuk mendapatkan berbagai update dari mereka. Tampilan serta proses pengaturan pertemanan ini juga cukup mudah dan tidak menggangu kegiatan membuka web, karena RockMelt akan menampilkan layer baru tanpa mengubah halaman web yang sedang dibuka.

Untuk tampilan feeds, misalnya dari Twitter, pengguna bisa melihat timeline secara cukup lengkap, termasuk beberapa fasilitas untuk melakukan reply, retweet serta untuk membagikan Tweet ke Facebook atau ke Twitter lagi. Ada tombol untuk melihat Twitter List yang Anda punya dan melihat timeline yang ada pada masing-masing daftar tersebut, pada pilihan ini juga pengguna bisa menemukan pilihan untuk melihat mention, serta Tweet yang telah dikirimkan dan Retweet yang telah dilakukan. Sebagai notifikasi, akan ada ikon kuning dengan angka sebagai keterangan jumlah Tweet baru yang muncul.
Untuk proses pencarian, yang merupakan bagian penting dari peramban, selain bar alamat yang juga berfungsi sebagai mesin pencari yang akan secara otomatis mengarahkan pada mesin pencari Google, kolom pencarian di RockMelt akan menampilan hasil pencarian dari kata kunci tertentu berupa daftar memanjang ke bawah, jadi pengguna tidak perlu membuka halaman baru untuk melakukan pencarian, setelah mendapatkan konten yang dicari, barulah mereka bisa membuka halaman web baru. Satu hal yang menarik dari tampilan hasil pencarian ini, ketika Anda mengklik daftar hasil pencarian, Anda hanya perlu menggunakan tombol panah untuk melihat berbagai hasil pencarian yang tertera di daftar, ketika Anda menggeser anak panah ini, RockMelt akan langsung mengubah tampilan web sesuai dengan hasil pencarian.
Perpindahan, serta proses loading halaman juga cukup cepat. Untuk peramban yang fokus pada aspek sosial, RockMelt mengingatkan saya pada peramban Flock, yang versi terbaru mereka juga telah menggunakan Chromium sebagai teknologi ‘di belakang’ peramban mereka, aspek sosial juga sangat dikedepankan oleh Flock, yang memang diperuntukkan sebagai social browser, peramban ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas serta kemudahan dalam terkoneksi dengan relasi serta untuk mendapatkan upadate dari mereka. Penempatan fasilitas yang memungkinkan pengguna untuk melihat update dari berbagai aplikasi, seperti social network atau feed berita, melakukan reply atas komentar tertentu di peramban Flock juga tampil di sidebar yang bisa diakses dengan sekali klik. RockMelt baru saja muncul dan masih dalam taraf pengembangan, peramban yang mendapatkan dana dari founder Netscape Mark Andreessen ini telah dikembangkan selama dua tahun dari baru muncul hari ini. Kita lihat perkembangan apa yang akan dilakukan RockMelt untuk menghadapi persaingan browser yang sangat ketat. 


546Kb


Artikel Terkait :
Komentar Terbaru

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar