Jumat, 27 Agustus 2010

Agustus 27, 2010
Bagi pemilik atau pengelola blog/website sangat disarankan untuk mendaftarkan blog/websitenya ke berbagai layanan online directory atau pun search engine, dengan tujuan agar blognya bisa mendapatkan tambahan pengunjung serta memudahkan search engine untuk melakukan indexing atau crawling situs/blog tersebut.
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, misalnya dengan cara submit URL blog/website ke setiap layanan tersebut, seperti misalnya mendaftar ke Webmaster Tools Google, Yahoo! dan Bing atau ke situs-situs directory, atau bisa juga mendaftarkannya melalui bantuan software yang memang dikhususkan untuk submit URL blog/website secara sekaligus ke situs directory/search engine. Misalnya dengan sebuah tools berikut ini, sebuah software gratis bernama Website Indexer.


Fitur dan Penggunaan Website Indexer
Website Indexer merupakan sebuah software gratis (ads-supported) yang simpel dan mudah digunakan untuk mendaftarkan secara sekaligus alamat situs blog untuk mendapatkan backlink dari sejumlah situs online directory (lebih kurang sebanyak 100 situs) dan juga ke berbagai search engine seperti Google, Yahoo! dan Bing. Tools website Indexer ini cukup berguna terutama bagi blog-blog yang baru jadi atau baru dibuat agar lebih cepat ter-index layanan directory dan search engine.
Saat menjalankannya pertama kali, kita perlu melakukan registrasi terlebih dulu dengan memasukkan nama dan alamat email kita untuk mendapatkan kode aktivasi (activation code). Link kode aktivasi akan diberikan dalam sebuah email yang dikirimkan ke inbox email kita.
website-indexer-screenshot-01.png
Penggunaannya mudah saja, masukkan alamat URL lengkap blog/website kita (misalnya http://example.com) dan masukkan juga kata kunci (keyword) yang akan kita gunakan sebagai kata kunci blog (hanya diperbolehkan memasukkan satu kata kunci/keyword saja). Setelah itu tinggal klik tombol Start, lalu tunggu beberapa saat untuk melihat hasilnya.
website-indexer-screenshot-02.png
Bila telah selesai, akan terlihat berapa banyak situs yang berhasil “diberitahu” atau di-ping, kemungkinan memang tidak semuanya berhasil. Tapi setidaknya dari berbagai situs yang berhasil di-ping bisa membantu mempublikasikan blog situs kita.

Download Gratis Website Indexer

Silahkan download di sini (ukuran file 479 KB).
Sebagai catatan, software untuk OS Windows ini membutuhkan aplikasi .NET Framework. Untuk pengguna Windows XP terlebih dulu harus install .NET Framework, sedangkan di Windows Vista dan Windows 7 bisa langsung diinstall karena .NET Framework di Windows Vista/7 sudah terinstall secara default.
*
Sekedar menyarankan, walau pun sudah menggunakan software seperti Website Indexer ini untuk mendaftarkan blog/website, sebaiknya kita tetap melakukan submit URL blog dan juga submit sitemap ke situs-situs Webmaster Tools seperti Google, Yahoo! dan Bing.
Semoga berguna.


0 Berkomentarlah dengan sopan, jangan spam:

Posting Komentar