This is BizOppers
Online Job for All. Work from home computer.

27 Agt 2010

Cara Efektif Submit Sitemap Blog agar Semua Artikel Terindeks Search Engine



Untuk yang belum tahu sitemap, dari namanya udah ketahuan bahwa sitemap atau peta situs merupakan semacam petunjuk untuk membaca setiap bagian atau halaman yang ada di blog kita, agar memudahkan search engine melakukan penelusuran isi blog/situs.
Seperti kita tahu, blog merupakan jenis situs yang isinya selalu update, sehingga jenis sitemap yang perlu disubmit ke search engine adalah sitemap yang dinamis yang selalu menyesuaikan dengan update terbaru pada blog. Untuk mudahnya, sitemap untuk blog gratis seperti Blogger dan WordPress.com adalah berbentuk feed, sedangkan pada blog self-hosted bisa dibuat sitemap menggunakan semacam tools yang disebut sitemap generator.



Tips dan Trik Submit Sitemap Agar Semua Artikel Terindeks


Untuk melakukan submit sitemap sebuah blog, tentunya kita harus sudah mendaftarkan blog kita pada search engine, terutama Google, Yahoo! dan Bing. Kalau belum tahu caranya silahkan lihat artikel dibawah yaitu tentang : 

3 Langkah Mudah Verifikasi Blog WordPress.com ke 3 Search Engine

Masuk ke halaman situs webmaster dari ketiga search engine. Selanjutnya klik sebuah blog, dan silahkan masuk ke halaman submit sitemap. Untuk Google, masuk ke “Site configurations” –> “Sitemap”, untuk Yahoo! masuk ke “Feed”, dan untuk Bing masuk ke “Sitemap”.
Di sini yang perlu diperhatikan, karena ada tips dan trik tersendiri agar SEMUA artikel pada blog kita bisa secara efektif terindeks oleh search engine. Sebab, kalau kita hanya memasukkan alamt feed default yang ada di blog kita, misalnya blog ini feed defaultnya feeds/posts/default atau lengkapnya http://jenuh ilmukomputer.blogspot.com/feeds/posts/default, maka yang terindeks oleh search engine tidak semuanya, hanya sekitar 20 halaman paling baru. Kan sayang kalau blog kita sudah banyak artikelnya, artikel yang lama tidak lagi terindeks.

Sitemap Blog di Blogger

Untuk blog di Blogger, masukkan alamat feed seperti ini sebagai sitemap:
atom.xml?redirect=false&start-index=

1&max-results=500
Alamat itu untuk feed dengan jumlah artikel di bawah 500 halaman. Kalau lebih dari 500, tambahkan lagi alamat sitemap untuk setiap kelipatan 500, misalnya untuk jumlah halaman sampai dengan 1500, masukkan 3 alamat ini sebagai sitemap:
atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=
500atom.xml?redirect=
false&start-index=501&max-results=500atom.xml?
redirect=
false&start-index=
1001&max-results=500
Sekedar untuk membandingkan, bisa dilihat pada screenshot di bawah ini yang menunjukkan jumlah halaman yang terindeks oleh search engine dari sitemap dengan cara seperti di atas dibandingkan dengan sitemap default:

Sitemap Blog di WordPress.com

Untuk blog di wordpress.com, cukup masukkan alamat ini sebagai sitemap:
sitemap.xml
Sitemap tersebut sudah lengkap mencakup semua link artikel dan  juga semua halaman statis (static pages) yang ada pada blog. di wordpress.com.
Setelah kita lakukan submit sitemap, search engine perlu beberapa saat untuk meng-indeks halaman blog. Jadi tidak langsung bisa dilihat hasilnya. Tunggu saja beberapa saat. Nggak lama lah… Search engine perlu bimbingan

3 Langkah Mudah Verifikasi Blog WordPress.com ke 3 Search Engine


Artikel ini sekaligus sebagai update dari artikel sebelumnya tentang cara verifikasi blog gratisan (wordpress.com dan Blogger/blogspot.com) di Google Webmaster. Sekedar ingin menceritakan kronologinya, baru-baru ini Google membuat sistem baru dalam melakukan verifikasi blog/situs, yang intinya menyebabkan blog wordpress.com terutama blog baru atau yang belum diverifikasi oleh Google sebelum sistem baru ini diberlakukan tidak bisa lagi diverifikasi dengan cara lama, karena pada sistem baru ini disyaratkan harus menambahkan meta tag pada bagian tag <head>, atau upload file xml ke domain root. Syarat ini tentu saja tidak bisa dilakukan pada blog gratis di wordpress.com (wp.com).
Akibatnya, banyak keluhan dari para pemilik blog di wp.com. Yang lebih sial lagi, pihak Google pun hanya menyerahkan penyelesaian hal ini kepada pihak wp.com sendiri. Jadinya, para pemilik blog di wp.com hanya bisa menunggu pihak wp.com untuk menyediakan tools untuk melakukan verifikasi ke search engine.
Dan syukurlah, baru-baru ini akhirnya pihak WordPress menyediakan sebuah tools untuk pengelola blog agar bisa melakukan verifikasi blognya, tidak hanya untuk Google, bahkan sekaligus untuk tiga search engine ngetop saat ini, yaitu Google, Yahoo! dan Bing, menggunakan sebuah tools yang diberi nama Webmaster Tools Verification.


Verifikasi Blog WordPress.com dengan Webmaster Tools Verification

Dengan tools ini, pemilik blog di wordpress.com sangat dimudahkan untuk melakukan verifikasi blognya pada search engine Google, Yahoo dan Bing. Secara ringkas, verifikasi ini dilakukan dengan tiga langkah, yaitu:
  1. Submit blog wordpress.com di masing-masing search engine untuk mendapatkan kode verifikasi
  2. Masukkan kode verifikasi yang diberikan oleh search engine tersebut di WordPress.com Webmaster Tools Verification
  3. Verifikasi kode yang sudah dimasukkan tadi di tools webmaster pada ketiga search engine tersebut. Selesai
Penjelasannya seperti ini.
1. Submit Blog untuk Mendapatkan Kode Verifikasi

Untuk mendapatkan kode verifikasi, silahkan menuju halaman situs untuk Webmaster yang disediakan oleh ketiga search engine, yaitu di Google Webmaster Tools, Yahoo! Site Explorer, dan Bing Webmaster Center. Tentunya anda harus punya akun pada masing-masing layanan tersebut. Kalau belum punya, bisa langsung membuatnya terlebih dulu di ketiga situs tersebut agar bisa melakukan submit sebuah blog.


Di masing-masih halaman tool webmaster tersebut, silahkan submit URL blog. Selanjutnya akan diberikan metode verifikasi. Pilih metode verifikasi (verification method) menggunakan Meta Tag, dan nantinya akan diberikan kode meta tag yang harus ditempatkan pada blog.
2. Masukkan Kode Meta Tag Verifikasi di WordPress.com

Untuk itu buka window/tab baru di browser, lalu login ke Dashboard blog WordPress.com anda, selanjutnya masuk ke menu Tools — Tools (kalau menggunakan bahasa Indonesia ada di Perkakas). Silahkan ke bagian bawah menu tools ini menuju Webmaster Tools Verification. Silahkan bolak-balik copy-paste kode meta tag yang disediakan oleh masing-masing search engine untuk dimasukkan pada isian yang tersedia di wp.com Webmaster Tools Verification. Tentunya masing-masing kode di-paste sesuai pada tempatnya, jangan sampe salah, bisa kacau nanti, wkkkk..
Kalau semua kode meta tag sudah dimasukkan, silahkan klik Save Changes.
3. Verifikasi Akhir di Situs Webmaster Search Engine

Kembali lagi ke halaman tools webmaster pada ketiga search engine tadi untuk melakukan verifikasi kode yang baru saja dimasukkan pada blog wordpress.com, dengan cara klik tombol “Verify” di Google, tombol “Ready to Authenticate” di Yahoo, dan tombol “Return to Site List” dilanjutkan dengan klik URL blog di Bing. Kalau blog anda sudah berhasil diverifikasi, akan anda pemberitahuan bahwa blog sudah terdaftar (Verified/Authenticated).
Yak, selesai deh. Begitulah proses registrasi blog wordpress.com.

Verifikasi Blog Blogger/Blogspot

Kalau blog di Blogger/blogspot.com gimana? Ya tinggal copy aja kode meta tagnya, terus paste di bawah tag <head> pada form Layout — Edit HTML, dan selanjutnya lakukan verifikasi. Masih sama aja kok dengan cara seperti sebelumnya.

Sekalian deh, kalau blog self hosted gimana? Wah kalau itu sih malah lebih enak dan fleksibel, karena bisa pilih mau upload file atau mau edit meta tag. Kalau blog self hosted (wordpress.org misalnya), mungkin lebih mudah kalau upload file verifikasi ke webserver dan ditempatkan pada root folder blog untuk selanjutnya diverifikasi.


Artikel Terkait :
Komentar Terbaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar