Senin, 23 Agustus 2010

Agustus 23, 2010
Gmail adalah layanan email gratis dari Google. Layanan ini dilengkapi dengan fasilitas yang canggih dan kapasitas penyimpanan yang berlimpah. Bayangkan, setiap akun email diberi kapasitas penyimpanan sebesar 6GB lebih. Dengan kapasitas penyimpanan sebesar ini, Anda tidak perlu menghapus email lama Anda. Bahkan Anda dapat menyimpan mp3 disini.
Cara membuka akun baru di Gmail sangatlah mudah. Anda cukup meluangkan waktu Anda 5 menit dengan mengikuti panduan dibawah ini.

Langkah pertama, ketikan http://gmail.com pada address browser Anda atau klik disini. Lihat bagian sebelah kanan. Klik tulisan “Sign up for Gmail” untuk membuat email baru.
Sign Up Gmail
Langkah kedua adalah mengisi formulir pendaftaran email baru. Berikut adalah keterangan dari bagian yang perlu Anda isi:
  • First Name: Isikan dengan nama depan Anda
  • Last Name: Isikan dengan nama belakang Anda
  • Desired Login Name: Isikan dengan nama email yang Anda mau. Misalkan saya mendaftar dengan nama keuangan.pribadi, maka akun email baru saya adalah keuangan.pribadi@gmail.com.
    Nama email harus unik, maka Anda harus memeriksa apakah nama email yang Anda inginkan sudah dipakai oleh orang lain atau belum. Jadi setelah Anda mengetikan nama email yang Anda inginkan, tekan tombol “check availibility!”. Jika ternyata Gmail menyatakan bahwa nama email Anda “unavailable”, berarti nama email ini sudah digunakan oleh orang lain. Anda harus mengganti ke nama email lain. Anda dapat meneruskan bila nama email Anda belum pernah digunakan oleh orang lain (available).
  • Choose a password: Masukan password untuk login ke email Anda. Minimal 8 huruf atau angka.
  • Re-enter password: Ulangi password Anda disini untuk mencegah kesalahan ketik.
  • Remember Me on this computer: Merupakan layanan untuk login secara otomatis. Jangan dicentang apabila Anda sedang berada di warnet.
  • Enable Web History: Merupakan layanan untuk login secara otomatis juga, namun fungsinya lebih ke hasil searching di Google. Jangan dicentang apabila Anda sedang berada di warnet.
  • Security Question: Adalah pertanyaan yang akan ditanyakan oleh Gmail apabila Anda lupa password. Gunakan pertanyaan dengan jawaban yang Anda ingat. Misalnya apa binatang kesayangan saya
  • Answer: Adalah jawaban dari pertanyaan security Anda. Anda harus menjawab dengan kata yang Anda masukan disini, barulah Gmail memberikan password Anda.
  • Secondary email: Alamat email Anda yang sedang aktif. Tidak harus diisi. Hanya digunakan pada bila Anda lupa password.
  • Location: lokasi Anda (Indonesia)
  • Word verification: ketikan huruf pada gambar
  • Term of service: Anda dapat membaca aturan penggunaan Gmail disini
Langkah ketiga, setelah mengisikan seluruh informasi yang diminta, tekan tombol “I accept. Create my account”. Selamat. Akun email baru Anda telah selesai dibuat. Klik link “I’m ready. Show me my account” pada sebelah kanan untuk masuk ke akun gmail baru Anda.
Biar alamat email gmail anda tidak mudah di-hack atau disusupi orang-orang iseng, anda perlu melakukan pengamanan biar email gmail anda lebih aman. Ya, anggap antisipasi “sebelum hujan sedia payung”. “Bagaimana caranya?”
Tenang… pertanyaan “bagaimana cara membuat email anda lebih aman” sudah saya siapkan tips-tipsnya. Langsung simak saja.
  1. Hindari mencentang “stay signed in”. Terutama di komputer yang digunakan banyak orang. Kalau anda memberi centang, maka username dan password anda akan disimpan pada cookies di komputer. Bahayanya, spyware bisa ikutan membaca informasi yang disimpan ini.
    gmail joko
  2. Gunakan https. Aktifkan https untuk membuat data anda lebih aman. Sebab data yang dikirim akan dienkripsi terlebih dahulu. Cara mengaktifkannya dengan mengklik “Settings” lalu pada pilihan “browser connection” pilih “always use https”. Kalau sudah, jangan lupa klik “save changes”.gmail joko s
  3. Periksa “Last Account activity” pada bagian bawah. Periksa “details” jika ingin mengetahui detailnya. Maka akan terbuka kotak baru yang menampilkan detail alamat IP lokasi anda membuka alamat gmail anda. Jika ada nomer IP yang dirasa “aneh” ada kemungkinan orang lain menyusup ke akun gmail anda. Segera ganti password email anda!
    email joko
  4. Ubah password anda secara berkala. Buat kombinasi password yang tidak mudah ditebak orang. Gunakan simbol seperti ! ” ? $ ? % ^ & * ( ) _ – + = { [ } ] : ; @ ‘ ~ # | \ < , > . ? / dalam password.
  5. Update informasi recovery akun gmail. Caranya klik di sini kemudian pada “email” anda bisa tambahkan email lain untuk menerima link setiing ulang password. Link itu akan dikirimkan jika anda lupa password. Bila diperlukan tambahkan juga nomer telepon anda.
  6. Log out jangan lupa. Setelah selesai menggunakan email, jangan lupa lakukan log out. Sekalipun anda menggunakan komputer pribadi, lebih baik jika anda biasakan memencet tombol log out setiap selesai 
  7. menggunakan gmail. Buat jaga-jaga
  8. Bersihkan juga data di browser. Untuk pengamanan ekstra, bersihkan juga cache, cookies, dan history pada browser anda sehabis menggunakan gmail. Biar lebih aman.
Selamat mencoba ya dan semoga berhasil!!!


0 Berkomentarlah dengan sopan, jangan spam:

Posting Komentar